Selasa, 13 Agustus 2013

WHITE HOUSE DOWN : SAAT PRESIDEN AMERIKA MENGHAJAR PENJAHAT


 Kisah mengenai terorisme melawan pemerintah AS mungkin sudah ratusan judul, tentang ancaman pembunuhan presiden AS sudah banyak sekali, lalau apa yang hendak ditawarkan White House Down? Maret tahun 2013 Olympus Has Fallen terlebih dahulu mencuri start melalui penampilan macho Gerald Butler yang menyelamatkan presiden AS dan keluarganya. Apakah WHD dapat menyamai pendahulunya itu?

Channing Tatum dan Jamie Foxx sebagai pemeran utamanya memang dapat membawa penonton membanjiri bioskop. Tapi tetap saja film ini pasti akan dibandingkan dan disejajarkan dengan Olympus Has Fallen yang dirilis berdekatan. Film Olympus Has Fallen sendiri telah mendapatkan pendapatan $160 Juta, dengan biaya pembuatan sebesar $70 Juta. Lumayan untung besar untuk ukuran sebuah film action tanpa kekuatan cerita.Banyak kritikan bagus diarahkan, dan banyak yang memuji sebagai aksi Die Hard di gedung putih. Lalu apalagi yang akan coba ditawarkan sutradara Roland Emmerich (Independence Day, Godzilla, The Day After Tomorrow, 2012).

 Emerich selama ini lekat sebagai sineas yang doyan menggambarkan kehancuran sebuah kota. HAmpir semua film yang dibesutnya bersetting bencana dan perang dahsyat. Apakah dia akan membuat Washington DC dan seluruh gedung putih rata sama tanah?

 John Cale (Channing Tatum) adalah eks-tentara yang sehari-harinya bekerja sebagai pengawal pribadi juru bicara kepresidenan. Berkat pengabdiannya John cukup disegani dalam bidangnya. Belakangan dia berusaha agar dapat diterima menjadi pasukan khusus pengawal Presiden Amerika, James Sawyer (Jamie Foxx). Cale lalu mengikuti interview pekerjaan itu di gedung putih. Berdua  bersama anaknya Emily Cale (Joey King) ia sama sekali tidak menyangka akan menghadapai suatu kejadian besar dalam sejarah AS.

Emily yang amat sangat tergila-gila pada gedung putih dan terutama pada James Sawyer sangat berharap sang ayah dapat diterima. Sayangnya interview pekerjaan itu tidaklah berjalan mulus. John dianggap tidak cukup kredibel untuk menjadi anggota Secret Service. John yang tak mau Emily kecewa berbohong kalau dia nantinya akan diterima. Mengalihkan perhatian, John mengajak untuk ikut tur gedung putih. Emily Cale pun dengan senang hati mau ikut tur tersebut. Tur tersebut ternyata membuat mereka terjebak di dalamnya, ketika ada penjahat yang menyerang gedung putih tempat Presiden Amerika itu berada.







Berbeda dengan Olympus Has Fallen, tidak ada penampilan one man show seperti layaknya Die Hard. Emmerich membuat Foxx layaknya Harisson Ford dalam Air Force One.Maka pada film ini kita akan kembali melihat aksi Presiden Amerika menghajar para penjahatnya. Tapi, hal itu masih dalam konteks kewajaran melawan penjahat seperti manusia yang berasal dari sipil, bukan militer. Lalu bagaimana dengan kepiawaian Roland Emmerich, sang sutradara yang biasanya jago dalam bikin hancur sebuah kota bahkan negara? Di film ini tampaknya dia agak sedikit meredam aksinya. Gedung putih masih tetap hancur, tapi masih tidak seperti yang para penonton harapkan. Film ini dalam beberapa dialognya, mengajarkan sejarah serta membuka aib gedung kepresidenan Amerika.

Chemistry antara Channing Tatum dan Jamie Foxx terbangun cukup baik di film ini. Beberapa kali dialog mereka menyajikan humor segar dalam suasana tegang. Dengan plot ceritanya yang sederhana, WHD sayang untuk dilewatkan para penggemar Channing Tatum,Jamie Foxx dan Emmerich.**


Tidak ada komentar:

Posting Komentar