Senin, 05 Agustus 2013

TIGER CHEN : THE NEW KUNGFU STAR YANG INGIN SEPERTI JACKIE CHAN




Namanya belum begitu terkenal. Filmnya yang mendapuknya sebagai peran utama belum banyak. Tapi banyak pengamat film meyakini inilah bintang baru dunia film Mandarin yang akan mengikuti jejak Donnie Yen, Jackye Chan,Jet Li dan Aman Chow Yun Fat merambah Hollywood.

Tiger  Chen adalah nama bintang baru ini. Sebetulnya Hu Chen sudah lama berkecimpung dalam dunia film, termasuk Hollywood. Tiger merupakan tangan kanan Yuen Wo Ping, penata laga handal yang sudah  senior dan diakui internasional. Tiger pula yang menata adegan pertarungan dalam The Matrix. Boleh dikata dialah mentor  Keanu Reeves. Hu Chen juga adalah body-double Uma Thurman's dalam Kill Bill trilogy. Sempta pula masuk nominasi World Stunt Awards untuk aksinya dalam Matrix 2 dan Kill Bill 2 pada 16 May 2004.

Tiger Chen alias Chen Hu belajar wushu sejak kecil. Ia bergabung dalam tim Wushu Sichuan di usia 8 tahun. Hebatnya Chen langsung menjuarai berbagai kompetisi Wushu di China daratan.Umur 19 Chen mendarat di Amerika dalam keadaan tidak dapat lancar berbicara Inggris. Sekarang tentu saja dia menjadi ahlinya. Chen dianugerahi kehormatan Juara Semua Kategori dalam kompetisi khusus Taichi, Sabre dan Staff . Sejak itulah diajak bergabung oleh  Yuen Wo Ping dalam Yuen Clan. Saat The Matrix memerlukan martial arts directors, petinggi Warner Brothers bingung memindai ahli-ahli kungfu tradisional China. Maka, Yuen Wo Ping meminta Tiger Chen menampilkan beberapa jurus, yang ternyata menarik minat para produser.Lalu Tiger Chen dikontrak dalam The Matrix, sebgai film Holyywood pertamanya, tugasnya melatih beberapa bintang terkenal. Salah satunya Reeves.

"Mentor Yuen Wo Ping sepertinya jagoan banget, padahal terkadang sebaliknya. Apa yang dikerjakannya dalam tempo lambat. Di rumah, Yuen Wo Ping memerlukan saya hanya untuk memencet TV dan DVD player. Saya seperti anaknya sendiri.Terkadang saya menemaninya makan atau ke dokter. Sekarang, beliau hanya bisa menonton dari jauh, saat saya menata laga sebuah  martial arts sequences dan melatih para aktor." komentar Tiger Chen tentang mentornya.

Mengisahkan pengalamannya bekerja dengan bintang Hollywood , Tiger Chen berkata, " Keanu Reeves ngga berbakat, tapi sangat bekerja keras. Lucy Liu dan Cameron Diaz sangat menyenangkan. Lucy Liu yang masih keturunan China, cepat belajar budaya China. Dia yang mengajari saya Inggris saat rehat syuting, dan saya melatihnya Chinese. Uma Thurman baru saja melahirkan saat pengambilan gambar Kill Bill dan berat badannya berlebih. Lalu dia diet dan cepat sekali beratnya ideal. Di Kungfu Hustle, Stephen Chow melakukan sendiri semua adegan pertarungan. Sebelumnya Chow meminta saya melatihnya dengan keras."

Berpengalaman sebagai martial arts choreographer  Crouching Tiger, Hidden Dragon, The Matrix trilogy, Charlie's Angels dan Kill Bill, Tiger Chen sulit menyamai sukses Bruce Lee, Jackie Chan, Jet Li dan Donnie Yen. Menurutnya para junior harus lebih bersabar. Penampilan perdana Tiger Chen di depan layar kamera adalah sebagai salah satu tukang pukul dalam Merovingian. Dipuji oleh sutradara Wachowski brothers berkat penampilannya itu.  January 2004, Tiger Chen menemani Yuen Wo Ping ke Gunung Ermei di Sichuan dan Jiuzhaiogou mencari lokasi untuk syuting  Golden Dragon, dimana dia juga turut berperan. Ambisi Tiger Chen adalah membuat sebuah film yang menjadikannya the next Jackie Chan!"

Ambisi Chen tersebut sungguh luabiasa, mengingat usia Jackie Chan dan Jet Li sudah tak muda lagi. Sayangnya, Tiger Chen harus terus belajard dari para senior dan aktor berpengalaman untuk bisa lebih sukses. Aktingnya yang biasa-biasa saja dalam Man of Taichi, sulit untuk mendongkrak namanya di Hollywood. Padahal inilah film pertamanya sebagai pemeran utama. Go go go, Tiger Chen.**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar