Rabu, 21 Agustus 2013

PAIN & GAIN : KESERAKAHAN BINARAGAWAN YANG INGIN JADI JUTAWAN


 Dihujani komentar variatif para kritikus film, 'Pain and Gain' meluncur ke puncak box office Amerika Utara di pekan perdana pemutarannya. Film yang dibintangi Mark Wahlberg dan Dwayne "The Rock" Johnson itu merup pendapatan domestik US$ 20 juta. Luarbiasa sekali mengetahui bahwa  budgetnya ‘hanya’ 25 juta Dollar dan nyaris tanpa ledakan. Banyak yang tidak percaya bahwa Pain & Gain adalah film dari seorang Michael Bay. Ia sudah kadung kondang sebagai jawara film blockbuster berbudget mewah dan penuh aksi ledakan. Jarang sekali Bay menyutradarai film berbudjet rendah. Beberapa diantaranya yaitu saat ia mencampur komedi sebanyak action-nya  pada dwilogi Bad Boys. Dan berapakah ongkos produksinya?  Bad Boys pertama hanya 19 juta Dollar.

Film yang di-adaptasi dari kisah nyata  ini memasukan lebih banyak komedi ketimbang aksinya. Ternyata film ini adalah proyek yang sudah ditunggu Bay selama 10 tahun ini. Sentuhan Bay yang tidak biasa terasa saat ia mengganti setiap ledakannya dengan sedikit gore ala Roberto Rodriguez dan darah plus karakter-karakternya yang terasa aneh bin ajaib.

 Mark Whalberg menjadi Daniel Lugo, instruktur pusat kebugaran sekaligus perancang aksi penculikan seorang imigran kaya. Korbannya Victor Kershaw  dengan baik diperankan Tony Shalhoub. Para pendukung mereka juga sukses menjalankan peran mereka dengan baik: Whalberg yang  karismatik terlengkapi dengan Dwayne Johnson (dengan peran yang sedikit berbeda) plus Anthony Mackie yang kocak sebagai tangan kanannya. Demi film ini Whalberg membesarkan ototnya.

Daniel Lugo  adalah binaragawan biasa yang bekerja di Sun Gym bersama dengan temannya Adrian Doorbal (Anthony Mackie). Bosan menjalani kehidupan yang miskin, Lugo berencana untuk menculik Victor Kershaw (Tony Shalhoub), pengusaha kaya yang biasa berlatih di gym.Lugo berencana memeras uang dari dia melalui penyiksaan. Dengan bantuan dari seorang penjahat yang baru keluar dari penjara, Paul Doyle (Dwayne Johnson), "Sun Gym Gang" pun berhasil mendapatkan Kershaw untuk menandatangani seluruh keuangannya.Mereka memaksa Kershaw untuk menandatangi berkas-berkas legal yang berisi pemindahan seluruh hartanya ke tangan Lugo.



Tapi ketika Kershaw selamat dari percobaan pembunuhan oleh ketiga orang tersebut, dia lantas menyewa detektif swasta Ed Du Bois (Ed Harris) untuk menangkap mereka setelah Departemen Kepolisian Miami gagal melakukannya. Konflik antara keduabelah pihak pun semakin meruncing dengan menyeret beberapa pihak lain.

'Pain and Gain' ditulis Christopher Markus dan Stephen McFeely. Film diangkat dari artikel Miami New Times pada 1999 silam tentang insiden brutal penculikan, penyiksaan, dan pembunuhan terhadap beberapa korban yang dilakukan organisasi kriminal melibatkan beberapa bodybuilders.Binaragawan yang melakukan penculikan dan pemerasan mengejutkan publik saat kasusnya terkuak.Peristiwa kriminal yang terjadi 1995 lalu memang ada dan terjadi, dan semuanya terangkum jelas dalam sebuah artikel majalah dan buku berjudul sama milik Pete Collins. Markus dan  McFeely (trilogi The Chronicles of Narnia: dan Captain America: The First Avenger) merangkumnya ke dalam narasi sepanjang kurang lebih dua jam. Bay bersama Markus dan McFeely menyajikan tontonan crime ini dalam genre komedi yang santai.Jadi lah Pain & Gain; sebuah dark comedy .

Namun jangan khawatir kehilangan sentuhan khas Bay. Dengan ber-setting Miami yang eksotis ,  plot sangat cepat yang berujung kekacauan luar biasa, kamera yang seperti tidak bisa diam dan slowmotion dramatis pada karkater-karkaternya. Bay juga  meminjam 'ide gila' Tarantino termasuk editing dan kebrutalannya lalu mengkombinasikan dengan ide-nya. Menonton Pain & Gain ibarat menonton sebuah jalan hidup seseorang yang serakah, brutal, sekaligus kocak.

Sumber Film : Bluray
Rilis : 26 April 2013 (USA)
Genre : Comedy | Crime | Drama




Tidak ada komentar:

Posting Komentar