Minggu, 04 Agustus 2013

MAN OF TAICHI : SAAT KEANU REEVES MENGGANDENG IKO UWAIS





 MAN OF TAICHI : DEBUT KEANU REEVES MENGGANDENG IKO UWAIS




Keanu Reeves menggandeng koleganya di film the Matrix Yuen Woo Ping dan Tiger Hu Chen. Man of Taichi adalah karir pertama penyutradaraannya. Dengan membidik pasar Asia, Reeves membuat film ini lebih beraroma Mandarin. Lihat bagaimana fighting sequence dan setting cerita yang bernuansa oriental plus dukungan aktor-aktor Asia seperti Simon Yam, Karen Mok plus aktor Indonesia Iko Uwais. Tiger Chen yang merupakan stuntman andalan Wo Ping, didapuk sebagai pemeran utama.

 Film ini merupakan proyek kerja sama Hollywood dengan China dan akan ditampilkan dalam 3 bahasa yakni mandarin, kanton, dan Inggris.Man of Tai Chi mengisahkan tentang seorang pendekar bela diri (diperankan Tiger Hu Chen) yang bergabung kedalam sebuah turnamen beladiri ilegal yang dikepalai oleh seorang pria yang berniat jahat (Keanu Reeves). Seorang polisi penyelidik, Suen Jing-Si (Karen Mok), mencurigai seorang pengusaha sukses, Donaka Mark (Keanu Reeves). Ia menduga Donaka adalah promotor utama pertarungan ilegal sampai mati di wilayah kerjanya. Sayang, usahanya mengalami kendala saat saksi utamanya dibunuh Donaka.

Pengungkapan usaha rahasia Donaka mengelola online underground fight club di Hong Kong tak pernah berhasil karena backing kuat dibelakangnya. Sampai Suen mencium bahwa Donaka sedang mencari petarung baru. Chen Linhu (Tiger Chen), adalah salah seorang petarung yang menarik atensi Donaka. Ahli Tai Chi ini diawasi Donaka dalam kompetisi resmi. Sejatinya Chennyambi bekerja sebagai kurir pengantar barang. Mulanya Chen menolak tawaran Donaka yang dianggapnya mengotori filosofi ilmunya. Sampai saat suhu-nya (Yu Hai) tengah menghadapi ancaman penggusuran biara oleh sekelompok developer, Linhu terpaksa menerima tawaran Donaka. .

Berperan sebagai seorang penjahat kejam, kharisma Keanu Reeves seakan mengalahkan aktor utama Tiger Hu Chen. Ditambah stereotipe pertarungan penuh efeknya dalam ‘The Matrix’ membuat penonton agak kurang "terima" dengan peran utama. Perhatikan saja gerak-gerik Keanu dan aksi pertarungannya yang jauh lebih tangguh dari sang pemeran utamanya sendiri, dan mau tidak mau masih tetap mengundang empati penonton terhadap sosoknya. Karen Mok, cukup baik sebagai detektif polisi tangguh yang pantang menyerah. Sayang aktor watak Simon Yam hanya mendapat peran kecil sebagai atasannya Yang juga kurang mendapat porsi lebih adalah aktris cantik Ye Qing sebagai kekasih Tiger Hu Chen. Begitu pula penampilan Brian Siswojo, skateboarder keturunan Indonesia dan Iko Uwais yang seolah hanya tempelan saja.


Reeves rasanya terlalu memaksakan Tiger Hu  Chen sebagai peran utamanya. Aksinya memang cukup menyamai  Jackie Chan, Jet Li dan Donnie Yen. Sayangnya Hu Chen kurang punya kharisma sebagai main


actor. Jadinya, penonton malah lebih punya empati ke karakter Reeves yang  kejam ketimbang Hu Chen yang seperti figuran. Yuen Woo Ping berusaha menyajikan perpaduan aneka cabang beladiri lain selayaknya plot film semisal Bloodsport, Best of the Best atau Only the Strong. Ia memasukkan juga penampilan Iko Uwais yang diperkenalkan sebagai petarung dengan nama Indonesia sekaligus tampil dengan jurus-jurus Silat Harimau-nya. Akan tetapi koreografi Wo Ping jadi terasa hambar dengan bantuan efek-efek yang justru menelan nilai seni adegan pertarungannya.


CAST :
Tiger Hu Chen ....................Chen Linhu
Karen Mok..........................Suen Jing Si
Keanu Reeves.....................Donaka Mark
Simon Yam.........................atasan Suen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar