Minggu, 25 Agustus 2013

STOKER : TIDAK ADA DRAKULA, YANG ADA KIDMAN DAN WASIKOWSKA YANG MEMATIKAN


 Stoker adalah sebuah thriller menarik karya sutradara Korea, Park Chan-wook. Dimulai dengan kematian Richard Stoker (Dermot Mulroney),  suami dari Evelyn (Nicole Kidman) dan ayah bagi India (Mia Wasikowska), akibat sebuah kecelakaan. Kematian Richard terjadi tepat di hari ulang tahun India yang ke-18. India merasa sangat kehilangan mengingat hubungan India dengan sang ayah yang erat. Berbeda dari hubungan dengan ibunya yang dingin. India menganggap selain sebagai ayah, Richard   adalah sahabat bagi gadis penyendiri tersebut.

 Film lalu bergulir, sesosok pria lain datang dan seperti menggantikan posisi Richard dalam keseharian keluarga Stoker. Charlie (Matthew Goode), pria tampan yang mengaku sebagai adik kandung dari Richard dan selama ini menghabiskan hidupnya dengan melakukan perjalanan keliling dunia. Evelyn  menyambut hangat kedatangan Charlie – yang mirip suaminya di masa muda. Namun tidak begitu dengan India, Ia menganggap kehadiran pamannya  menyimpan sebuah tujuan tersembunyi. Perlahan, India mulai menyadari bahwa sang paman memiliki begitu banyak rahasia kelam dalam kehidupannya.

Naskah yang ditulis Wentworth Miller benar-benar tidak menggigit. Dan ia harus berterima kasih pada Chan Wook yang sukses mengarahkannya  dengan baik. Chan Wook memfokuskan semuanya pada karakter India, seorang gadis dengan mental yang terganggu, dengan famili yang benar-benar mirip dengannya.Sang ibu yang juga disfungsional dan rapuh serta pamannya yang seperti seorang psikopat. Iringan scoring garapan Clint Mansell menambah kehebatan film ini..






Park Chan Wook yang merupakan fans berat Alfred Hitchcock, terlihat begitu menanamkan gaya Hitchock dalam alur penceritaan Stoker. Hitchcock sepertinya memberikan pengaruh yang besar juga bagi gaya penulisan cerita Wentworth Miller. Dimulai dari pengenalan karakter, munculnya masalah di dalam jalan cerita, konflik yang terjadi antar karakter hingga akhirnya penyelesaian seluruh masalah disajikan dengan jalan yang sederhana. Begitu juga dengan penggalian karakter-karakter yang hadir di dalam jalan cerita. Kebanyakan karakter yang ditampilkan memiliki kepribadian yang tenang dan pembawaan emosional yang cenderung datar. Hanya karakter Evelyn Stoker yang digambarkan memiliki pewarnaan karakter dengan struktur emosional yang berubah.

Park juga bersikeras menjaga atmosfer thriller film ini. Benar-benar sutradara yang hebat, Park memimpin kru-nya layaknya seorang konduktor dalam sebuah orkestra. Selain Mansell, tim  desain suara (Chuck Michael) juga tim visual sinematografi (Chung Chung-hoon) dan tak lupa editing Nicolas de Toth saling menunjang satu dengan yang lain menjadikan  Stoker  sebuah film yang  begitu menarik.Dan tentu saja, penampilan para pemeran utama yang tampil luarbiasa adalah kekuatan utama Stoker. Goode berhasil memaksimalkan kharisma dan penampilannya yang tampan untuk menghidupkan karakternya sebagai sosok yang memikat namun sangat mematikan. Mia Wasikowska (Alice in Wonderland, Jane Eyre, Restless ), mampu memberikan sebuah dimensi lain bagi karakternya, India Stoker. Terakhir , Nicole Kidman jelas adalah penampilan paling ‘mematikan’ yang hadir di film ini. Seperti biasa, Kidman mampu memberikan karakternya daya tarik seksual yang luar biasa kuat. Dalam Stoker, daya tarik seksual tersebut membuat kehadiran karakter yang diperankan Kidman menjadi begitu mencuri perhatian. Ditambah dengan dukungan penampilan dari Phyllis Somerville, Jacki Weaver, Dermot Mulroney dan jajaran pemeran lainnya.

Park Chan-wook jelas sangat memahami naskah cerita arahan Wentworth Miller. Di tangan Park, Stoker mampu hadir dengan atmosfer kelam yang begitu mempesona, intensitas seksual yang begitu mengikat serta ketegangan yang secara perlahan akan menenggelamkan setiap penontonnya.Sutradara berusia 49 tahun ini namanya sudah jadi legenda di negeri asalnya Korea, turut berperan besar dalam mengangkat perfilman negeri gineseng tersebut.Melalui karya fenomenalnya “Vengeance Trilogy” terdiri dari tiga film “Sympathy for Mr Vengeance”, “Oldboy” and “Sympathy for Lady Vengeance”. Karirnya di dunia film dimulai ketika menonton film karya Alfred Hittchcock’s “Vertigo”, saat itulah Park chan-Wook memutuskan untuk menjadi seorang pembuat film.

Sebenarnya sejak awal Jodie Foster yang akan memerankan Evelyn Stoker Tapi kemudian (mungkin saja menguntungkan) digantikan oleh Nicole Kidman.Sedangkan Mia Wasikowska mendapat peran India dengan menggantikan Carey Mulligan. Film Stoker mendapat dua nominasi untuk penghargaan Golden Trailer 2013.Meskipun mendapat banyak pujian dan apresiasi bagus dari kritikus film ternyata belum mampu mendongkrak pendapatan film ini. Dengan budget mencapai 12 juta dollar stoker hanya mampu menghasilkan sekitar 11 juta dollar saja.***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar