Rabu, 21 Agustus 2013

THE GREAT GATSBY : KISAH KELAM CINTA SEORANG PENGUSAHA MISTERIUS

 Diadaptasi dari novel legendaris berjudul sama karya F. Scott Fitzgerald, sutradara  Baz Luhrmann menjadikan The Great Gatsby  sangat indah dalam penampilan audio serta visualnya. Cerita aslinya yang begitu hitam dan suram disulap sang pengarah dengan balutan  kemewahan dan keindahan tata gambar. Sayangnya film ini begitu lemah dalam pendalaman karakter. Sehingga nama-nama seperti Leo Di Caprio dan Tobey Maguire seakan tidak tereksploitasi dengan maksimal. Penampilan yang terlalu datar maupun hampa, membuat  The Great Gatsby gagal menguras segi emosional setiap penontonnya.

 Nicholas “Nick” Carraway (Tobey Maguire) memulai film ini dengan narasinya. Pada musim panas  tahun 1922 di Amerika Serikat, Nick menyewa sebuah rumah kecil di wilayah Long Island, yang ironisnya, terletak bersebelahan dengan sebuah rumah besar milik pengusaha misterius, Jay Gatsby (Leonardo DiCaprio). Nick adalah seorang pemuda yang dikisahkan baru saja pindah ke kota New York untuk mengejar kesuksesan dengan menjadi seorang pedagang saham. Kota ini seringkali mengadakan pesta besar dan mewah. Tamunya pun tidak main-main, warga kelas atas New York City serta kota-kota lain di Amerika Serikat. Salah satunya di rumah milik Gatsby.  Sebagai seorang pendatang , Nick hanyalah bisa membayangkan jadi tamu pesta mewah tersebut. Namun, suatu hari Nick mendapatkan sebuah ajakan ke pesta tersebut langsung dari Jay Gatsby.

Setelah saling berkenalan, berkembanglah hubungan persahabatan antara Nick dan Jay Gatsby.Bahkan Gatsby mengenalkan Nick pada beberapa sosok penting di kota New York yang selama ini telah menjadi relasi bisnisnya. Namun ternyata ada sesuatu di balik hubungan persahabatan tersebut . Satu kali Jay Gatsby meminta bantuan dari Nick. Ia diminta untuk mempertemukan Gatsby dengan sepupu Nick, Daisy Buchanan (Carey Mulligan). Tidak diketahuinya,  Gatsby dan Daisy pernah menjalin hubungan asmara di masa lampau. Hubungan ini terputus karena Gatsby harus turut berperang.Daisy  menikahi pria lain bernama Tom Buchanan (Joel Edgerton). Permintaan  tersebut  mudah saja disanggupi oleh Nick. Tak dia sangka, pertemuan antara Jay Gatsby dan Daisy memulai sebuah kisah tragedi  dari cinta yang secara perlahan terbentuk  kembali .

 Setelah itu maka pengembangan cerita seolah mandek. Sisi menarik isah Gatsby seolah tertutupi sentuhan keindahan pada setiap adegan dihadirkan. Penonton pastinya begitu kagum pada deretan kostum yang dipakai oleh para pemerannya hingga desain produksi dan tata sinematografi yang digunakan. Dan tentu saja,  deretan lagu-lagu yang begitu pas mengisi setiap adegan ceritanya. Sayangnya sisi pengembangan  karakter dalam film ini begitu dangkal. .Perhatikan bagaimana karakter Nick Carraway yang tak lebih dari seorang narator cerita dengan  peran yang tak begitu berarti. Karakter utama film ini, Jay Gatsby, juga merupakan karakter yang dangkal dan cuma dijelaskan melalui deretan narasi  Carraway.  Padahal, dengan tema cerita yang menyentuh  ambisi, pengkhianatan, kelas sosial, harapan hingga tragedi romansa, The Great Gatsby seharusnya  dapat menyentuh setiap orang yang menyaksikannya.

Setidaknya penonton dapat terhibur oleh aktor dan aktris yang dapat menghidupkan karakter mereka dengan baik. Leonardo DiCaprio tampil sangat mumpuni sebagai Jay Gatsby. Ketampanan dan kharisma DiCaprio yang begitu kuat mampu membuat penampilannya sebagai Jay Gatsby hadir dengan pesona mendalam. Chemistry-nya dengan pemeran lainnya mampu tercipta secara alami sehingga berhasil terlihat begitu meyakinkan. Penampilan Carey Mulligan serta Tobey Maguire cukup baik secara karakter mereka yang terbatas, Jason Clarke dan Isla Fisher mampu tetap tampil kuat meskipun porsi penceritaan karakternya begitu minimalis. Yang istimewa tentunya Joel Edgerton dan Elizabeth Debicki, penampilan keduanya  mampu mencuri perhatian. Karakter Tom Buchanan serta Jordan Baker yang diperankan oleh keduanya memang lebih menarik dari para karakter utama di film ini.***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar