Rabu, 31 Juli 2013

UPSIDE DOWN : JIKA DI BUMI ADA DUA DUNIA YANG BERLAWANAN







Adam mengawali film ini dengan berkisah tentang planetnya.Sebuah planet yang uniknya punya dua kutub gravitasi. Bisa dibilang ada dua planet dalam satu lingkaran.Ada tiga aturan yang berlaku di planet 2 in 1 ini ; setiap benda ditarik gravitasi dari benda dimana dunia itu berasal, sebuah benda yang serupa dengan benda lain di dunia berlawanan jika bertemu dapat terbakar, dan berat suatu benda sama dengan berat benda yang sama di dunia yang berlawanan.

Dua dunia ini berlawanan.Dunia atas (Up) makmur sejahtera, sedangkan dunia bawah (Down) sangat miskin. Up membeli minyak murah dari Down dan menjual listrik dengan harga selangit kepada Down. Penduduk Up dilarang berkomunikasi dengan rekannya di Down, pelanggaran terhadap ketentuan ini adalah hukuman mati.Sebuah perusahaan bernama "TransWorld" yang hanya dapat melakukannya dari dalam sebuah gedung layaknya istana raja.
.
Adam tinggal sebagai yatim piatu di Down, orangtuanya meninggal dalam kecelakaan di tangki minyak. Adam hanya memiliki sanak seorang kakak dari neneknya, yang mengunjunginya setiap pekan. Neneknya punya resep rahasia membuat pancake yang luarbiasa. Resep ini hendak diwariskannya kepada Adam. Singkat cerita Adam bertemu dengan Eden, seorang gadis dari Up dan mulai tertarik padanya.

Setelah dewasa konflik pun terjadi saat Adam menemukan cara pergi ke Up. Ia hendak menemui Eden dan nekad menyiasati Trans World.Tentu saja pihak penguasa tidak tinggal diam dan memburu Adam. Rumahnya diporak-porandakan dan neneknya dianiaya. Bagaiman Adam mengatasi semua masalah dan mewujudkan idealismenya adalah inti dari kisah Upside Down.

Sutradara Juan Diego Solanas menjadikan kekuatan film ini dari segi originalitas cerita dan kekuatan efek visual. Dua dunia yang terbalik dan berlawanan ditampilkannya  dengan penuh warna dan sangat menarik. Sayangnya, greget film ini terasa kurang, mengambang diantara menjadikan nya drama yang menggigit atau sekedar percintaan fiksi ilmiah. Mungkin lebih cocok jika dikategorikan petualangan. Dengan ide dasar yang menarik, Upside Down cukup layak untuk ditonton penikmat film.

Cast :

Jim Sturgess as Adam
Kirsten Dunst as Eden
Timothy Spall as Bob
Jayne Heitmeyer as Executive
Blu Mankuma as Albert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar