Selasa, 30 Juli 2013

THE CONJURING : TEROR RUMAH HANTU VERSI SUTRADARA SAW






Jika di Indonesia terkenal dengan kisah-kisah daerah angker semisal Angkerbatu atau  Legenda Ratu  Laut Kidul, maka di Amerika memiliki legenda  Amityville dan Harrisville. Jauh sebelum kedua rumah hantu terkenal itu, Amerika memiliki kisah lainnya yang tak kalah seram. Berdasarkan kisah nyata, The Conjuring  menceritakan penuturan mengerikan tentang bagaimana sebuah keluarga yang diteror kehadiran mahluk suprantural di sebuah rumah pertanian terpencil.

Di tahun 1971, Roger Perron (Ron Livingston) dan Carolyn Perron (Lili Taylor) memutuskan untuk pindah ke sebuah rumah tua di kawasan pertanian terpencil yang terletak di Harrisville, Rhode Island. Ikut pula lima orang anak perempuan mereka, Andrea (Shanley Caswell), Nancy (Hayley McFarland), Christine (Joey King), Cindy (Mackenzie Foy), dan April (Kyla Deaver). Hari pertama di rumah baru,  Roger dan Carolyn menemukan sebuah ruang bawah tanah rahasia.Berawal dari permainan petak umpet yang dilakukan oleh anak-anak mereka menyadarkan bahwa mereka tidak datang ke rumah kosong.

Cerita rumah hantu sudah seringkali menghiasi layar kaca ditandai kesuksesan Poltergeist sampai ke zaman The American Haunting. Sutradara James Wan benar-benar bekerja keras mengembangkan script sederhana teror di sebuah rumah berhantu agar dapat membuat sebuah film yang kuat. Sutradara Saw dan Fast Furious 7 ini layak diacungi jempol, ia berhasil menjadikan film berbudget rendah ini tampil menegangkan dan mengasyikkan.

Sepasang paranormal Ed dan Lorraine Warren menjadi jawaban bagi para penghuni rumah yang merasa ketakutan.  Warren sekali ini harus mengakui bahwa mereka  menghadapi sosok   setan  yang kuat. Pasangan Warren menemukan diri mereka terjebak dalam kasus yang paling menakutkan dalam hidup mereka.

Ciri khas James Wan dalam Saw begitu terasa dalam film ini walaupun harus diakui tidak ada sesuatu yang baru dalam kisah rumah berhantu.  Performa memikat Vera Farmiga berhasil menjadikan karakternya menjadi menarik lewat kesuksesan menjadi pengarah unsur mistis dalam cerita. Sedangkan Lili Taylor bermain cemerlang sebgai seorang ibu yang ketakutan bersama lima orang anak. Setelah menonton film ini Anda mungkin akan berkata biasa saja, namun percayalah film ini cukup baik untuk sebuah low budget movie.

* Genre: Horror Thriller Suspense
* Director: James Wan
* Screenwriter: Chad Hayes, Carey W. Hayes
* Companies: Warner Bros. Pictures

* Official Web: TheConjuring-movie.com
* Cast:
- Vera Farmiga
- Patrick Wilson
- Ron Livingston
- Lili Taylor
- Joey King
- Mackenzie Foy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar