Jumat, 27 September 2013

THE FAMILY (MALTAVITA) : KOMEDI MAFIA DE NIRO DAN TOMMY LEE JONES




Malavita, atau dalam pasar AS berjudul The Family, adalah satu lagi film yang menghadirkan Robert De Niro sebagai mafia. Semenjak sukses memerankan tokoh Vito Corleone di film The Godfather Part II pada tahun 1973, perfilman Hollywood seakan menasbihkan Robert De Niro menjadi perwakilan wajah mafia di layar lebar. Namun, seiring usianya yang renta De Niro cenderung lebih memilih genre komedi dibanding aksi laga. Sebutlah Meet the Fockers (2004) dan Silver Linings Playbook (2012). , dimana De Niro bermain sebagai mafia yang sadis tapi menghibur dengan lawakannya.Dalam film ini perannya sebagai Fred Blake yang tempramental ini sangat mirip sekali dengan tokoh Paul Vitti yang dulu dimainkannya di film Analyze This (1999).

Film yang disutradarai oleh Luc Besson dari skrip yang ditulis bersama Michael Caleo ini, diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Tonino Benacquista. The Family menceritakan tentang keluarga yang harus menjalani program perlindungan saksi. Keluarga yang terdiri dari sepasang suami istri dan dua anaknya yang masih remaja ini sebelumnya adalah keluarga mafia. Istri dari Fred Blake adalah Maggie Blake (Michelle Pfeiffer) yang digambarkan sebagai wanita yang pandai memasak, sangat sayang kepada keluarganya, sekaligus juga dapat bertindak kejam kepada orang lain. Anak perempuan Fred digambarkan juga tak segan-segan menghajar orang yang kurang ajar kepadanya. Belle Blake (Dianna Agron) bahkan di hari pertama masuk sekolahnya sudah langsung menghajar seorang cowok dengan raket tenis sampai tak bisa bangun lagi.

Anak bungsu Fred lebih gila lagi. Warren Blake (John D’Leo) sudah berpikiran dan bertindak seperti mafia di umurnya yang masih muda. Pemerasan, penipuan, pencurian adalah hal yang biasa saja baginya. Keluarga ini memang gila. Meski begitu, mereka adalah keluarga yang kompak luar dalam. Mereka saling menguatkan satu sama lain, walau itu berarti harus berkata kasar diantara mereka.

Tapi karena sang ayah Fred Blake (Robert De Niro) bersaksi melawan pemimpinnya yang mengakibatkan bosnya itu berada di dalam penjara, jadilah dia harus pergi dari satu kota ke kota lainnya bersama keluarganya demi keselamatan bersama. Kota yang mereka tempati kali ini adalah sebuah kota kecil dekat Normandy, Perancis. Agen CIA terbaik, yang diperankan oleh Tommy Lee Jones, bernama agen Stansfield diturunkan untuk menjaga Fred Blake, istrinya Maggie  dan anak anak mereka, Belle  dan Warren  agar tetap aman. Keberadaan keluarga ini berada di bawah pengawasan  FBI . Namun, kebiasaan lama keluarga ini yang terlalu mengandalkan kekerasan mengundang perhatian banyak orang. Contohnya adalah ketika Maggie ingin membakar supermarket terdekat karena mereka tidak menjual minyak zaitun. Kemudian Belle yang menggunakan raket tenis untuk menghajar orang yang iseng kepadanya. Hal ini tentu saja, membuat keluarga yang sedang bersembunyi ini mudah ditemukan oleh para mantan kroninya yang ingin membalas dendam.

Secara keseluruhan, Malavita menyuguhkan komedi yang gelap . Kekuatan barisan aktor-aktrisnya sungguh mengangkat kualitas film biasa ini.. Robert DeNiro sukses memerankan tokoh mafia kejam namun juga ayah yang peduli terhadap keluarga. Aktor watak Tommy Lee Jones seperti biasanya tampil mengesankan. Michelle Pfeiffer tak diragukan lagi bisa sangat menjiwai perannya sebagai seorang istri mafia. Dianna Agron dan John D’Leo pun tampil menarik.  Dialog-dialog di film ini mengundang pujian kritikus. Kata-katanya sederhana, kasar tapi menggelitik dan membuat komedi di film ini natural.***








Tidak ada komentar:

Posting Komentar