Rabu, 04 September 2013

PASSION : KARYA DE PALMA SETELAH 7 TAHUN




Siapa tak kenal Brian De Palma? Sutradara senior yang terkenal dengan lebih dari dua lusin film sepanjang 46 tahun kariernya.Dari mulai film horor Carrie, lalu drama menggigit : Scarface, film western Untouchable, hingga film action Mission Impossible dan Snake Eyes. Passion menandakan kembalinya sutradara gaek Brian De Palma setelah hampir tujuh tahun lamanya absen paska film perang terakhirnya, Redacted (2007). Sayangnya Passion jelas bukan diantaranya yang terbaik dari karya De Palma.

Passion adalah sebuah sajian thriller pskilologis erotis yang diadaptasinya dari film Perancis milik Alain Corneau berjudul Love Crime (2010). Kisahnya tentang persaingan antara  Christine (Rachel McAdams), eksekutif muda sebuah perusahaan iklan ternama Berlin dan rekan sekerjanya,  Isabelle (Noomi Repace). Christine yang ambisius menghalalkan segala cara untuk memenuhi ambisinya. Christine menyabotase semua yang dimiliki Isabelle: pekerjaan, reputasi bahkan sampai orang yang dicintainya:Dirk. (Paul Anderson). Hal itu menimbulkan kebencian dan kebingungan luarbiasa dari Isabelle.Yang terjadi kemudian adalah usaha saling membalas satu sama lain yang berujung malapetaka.

Pada dasarnya ini plot film ini sederhana.Tentang persaingan mencapai puncak karier antara atasan dan bawahan. Menjadi sedikit rumit ketika mereka kemudian membawa masalah pribadi ke dalamnya (perselingkuhan, lesbiansime). Dibintangi akris papan atas seperi McAdams dan Repace yang tengah naik daun, De Palma selalu membalut setiap film-filmnya, khususnya yang berkaitan dengan thriller ala Hitchcock dipadukan crime-mistery ala Giallo. Kekuatan film ini tentu saja ada pada dua pemeran utama dan sang sutradara.




Beberapa pengamat menyerang Passion yang terasa seperti salah satu episode serial televisi ketimbang sebuah sajian layar lebar. Di akhir kisah penonton akan dibuat bingung dengan pilihan manakah yang nyata dan manayang sebatas mimpi.  Meski De Palma berusaha memberikan banyak sekali kejutan dalm film ini, namun Passion kehilangan greget  dalam beberapa segmen. Yang cukup mengganggu tentunya adegan  mimpi yang berulang-ulang . Tetapi toh,  dibalik banyak kekurangnnya, karya De Palma sedikit sayang untuk dilewatkan.

Casting :

Rachel McAdams as Christine
Noomi Rapace as Isabelle James
Karoline Herfurth as Dani
Paul Anderson as Dirk
Rainer Bock as Inspector Bach
Benjamin Sadler as Prosecutor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar