Senin, 23 September 2013

GANGSTERS SQUAD : SATUAN KHUSUS MENGHADAPI MAFIA KEJAM





Film ini mungkin kurang dilirik bagi para pecinta film. Padahal sejatinya film yang diangkat  dari kisah nyata ini cukup mumpuni untuk menghibur. Walau banyak yang jauh dilencengkan dari kisah sebenarnya, kelucuan dan serunya plot cerita mampu menahan penonton untuk duduk manis sampai kisahnya berakhir. Tokoh mafia keji Mickey Cohen yang secara apik diperankan oleh Sean Penn, memang benar-benar ada. Bedanya kalau pada film ini dia diceritakan ditangkap karena membunuh. Pada kenyataannya dia ditangkap karena kasus pajak. Nama-nama besar di film ini dan juga tema gangster yang diusung, membuat film ini begitu menarik.

Mungkin tidak sebagus Scarface apalagi Godfather, tetap saja sayang untuk melewatkan karya yang satu ini. Ada komedi yang coba ditawarkan dalam film ini. Cerita film yang mengambil setting tahun 40an ini menceritakan tentang mafia Mickey Cohen (Sean Penn) yang memegang kekuasaan di daerah Los Angeles. Dia mengatur dan menguasai segala hal di kota itu. Mulai dari kepolisian sampai peradilan sudah dalam genggamannya. Satu-satunya penegak hukum  yang berani melawannya hanyalah Sersan O’Mara (Josh Brolin). Tapi tingkahnya ini tidaklah disukai teman sesama polisi dan juga istrinya, Connie (Mireille Enos), yang takut akan terjadi apa-apa dengan suaminya itu. Terutama saat ini dia tengah mengandung anak pertama mereka. Keberanian dan kejujuran O’mara diketahui oleh LAPD Bill Parker (Nick Nolte). Dia pun lalu menugaskan O’mara untuk membentuk satu gugusan pasukan khusus untuk menghabisi lingkaran setan  mafia Mickey Cohen.

Dibantu oleh istrinya, O’mara akhirnya memilih 5 orang yang terampil pada bidangnya masing-masing yaitu: Jerry Wooters (Ryan Gosling), Polisi yang suka berpesta tapi memiliki hati yang baik. Dia juga terlibat hubungan asmara dengan pacar Mickey Cohen, Grace Faraday (Emma Stone). Ada juga officer Coleman Harris (Anthony Mackie). Lalu petugas ahli penyadap Conway Keeler (Giovanni Ribisi), serta jago tembak tua Max Kennard (Robert Patrick) bersama partnernya, rookie Navidad Ramirez (Michael Peña) yang memaksa ikut bergabung. Tim itu bertindak tanpa membawa nama kepolisian. Mereka bertindak sudah atas nama membawa kebaikan ketempat mereka tinggal selama ini.

Selain komedi dan aksi film ini jelas mengandalkan nama besar bintang pemerannya. Sean Pean, sebagai Mickey Cohen, mengambil perhatian  lebih di film ini. Aktingnya memang memikat. Begitu pula Ryan Gosling juga mencuri perhatian, apalagi ini bukan peran pertamanya sebagai playboy. Dalam film Crazy, Stupid, Love (2011) dia juga dengan sukses menjadi playboy yang waktu itu juga bermain dengan Emma Stone. Wajar kalau chemistry antara mereka berdua bisa dapat di film ini.Dengan tema umum  semangat berbeda, layaklah film ini dikaruniai penonton yang mengantri menontonnya. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar