Minggu, 18 Mei 2014

THE MONUMENTS MEN : KISAH PARA PENYELAMAT SEJARAH MENGHADAPI NAZI JERMAN



The Monuments Men” adalah film yang diadaptasi dari novel karya Robert M. Edsel. Selama Perang Dunia II, Presiden Franklin D. Roosevelt menugaskan ahli sejarah dan seni serta kurator museum untuk menyelamatkan karya seni yang telah dicuri oleh Nazi di Jerman. Untuk bisa mengembalikan karya seni ke para pemilik sekaligus melakukan penyelamatan budaya adalah hal yang mustahil bagi mereka. Jerman yang memiliki tentara yang siap menjatuhkan siapapun, membuat ketujuh ahli sejarah itu harus berpikir keras agar berhasil.

Berdasarkan kisah nyata untuk berburu harta karun terbesar dalam sejarah  The Monumen Men 2014 adalah sebuah drama action yang berfokus pada kelompok peleton khusus paska Perang Dunia II. Ditugaskan oleh FDR untuk pergi ke Jerman, The Monuments Men dikhususkan menyelamatkan karya seni dari pencuri Nazi dan mengembalikannya ke mereka yang berhak memilikinya. Ini akan menjadi misi yang kelihatan mustahil karena karya seni tersebut terperangkap di belakang garis musuh dan tentara Jerman. 

Kolonel George Stout (George Clooney) adalah seseorang yang ditugaskan untuk merekrut sekaligus mempersiapkan para ahli seni. Ia mengajak sejumlah kurator, ahli sejarah, pelukis dan ahli seni lainnya untuk menyelamatkan karya-karya seni di era Perang Dunia II. Nazi yang dipimpin oleh Hitler di era Perang Dunia II, berusaha memusnahkan semua karya-karya seni dari seluruh dunia.Tidak mudah bagi George untuk menjalankan misi tersebut ditengah perang dunia II yang sedang berkobar. Dibantu oleh James Granger (Matt Damon), keduanya berusaha menyelesaikan misi berbahaya ini dengan dibantu oleh enam ahli seni yang dikumpulkan dari seluruh dunia.


Monuments Men (sebagaimana mereka disebut) kemudian menemukan diri mereka dan berpacu dengan waktu untuk menghindari penghancuran 1000 tahun budaya (1000 years of culture). Mereka akan mempertaruhkan nyawa untuk melindungi dan membela prestasi terbesar manusia.  

Fiilm ringan yang disisipi komedi ini memang tidak banyak menawarkan sesuatu. Bagi pecinta sejarah mungkin dapat memvisualisasikan bagamana kerasnya kehidupan pada zaman Perang Dunia II. Bagi pecinta Clooney dan Damon, disini kita kembali melihat mereka reuni setelah franchise Ocean Eleven. Diutradarai dan ditulis naskahnya oleh Clooney sendiri, film ini nyatanya bergerak lamban dan miskin greget. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar