Senin, 04 November 2013

ENDER'S GAME:PERLAWANAN BOCAH BERMENTAL BAJA MENGHADAPI RAS ALIEN GANAS



Saat novel Ender's Game diterbitkan pada 1985,  Orson Scott Card memproteksi dengan serius karyanya ini. Card sebagai pengarang ditawari sejumlah studio besar sekitar 1980-1990an untuk membawa karyanya ke layar lebar. Namun Card menolaknya jika ia tidak dilibatkan.Bersama Fresco Pictures  (studio milik Card dan rekannya), akhirnya Card memutuskan menulis sendiri skenario yang diadaptasi dari novelnya pada tahun 1996. Setelah melewati berbagai perubahan, akhirnya 28 April 2011, Summit Entertainment disetujui menjadi distributor film ini dengan Digital Domain dan Odd Lot Entertainment sebagai produser.Gavin Hood bertindak sebagai sutradara dan Donald McAlpine sebagai penata gambar. Beberapa nama beken ditunjuk menjadi produser pelaksana seperti : Roberto Orci, Alex Kurtzman, Gigi Pritzker dan Linda McDonough. John Textor dan Card sendiri juga bergabung di jajaran produser.



 Kontroversi juga mengiringi perjalanan film ini. Orson Card sempat melontarkan perlawanannya tentang pernikahan sesama jenis dan homoseksualitas. Akibatnya kaum yang dikritik ramai-ramai menyatakan aksi boikot film Card. Walaupun demikian, Ender's Game mampu mencetak 2,7 juta dollar dari peredarannya selama minggu pertama diputar saja. Yang membuat penonton tertarik tentu saja keseriusan pihak pembuat film yang sudah sangat lama mempersiapkan film dan detilnya agar semirip mungkin dengan novel aslinya. Terbukti kerja keras Card dkk tidak sia-sia.

Ender's Game berkisah tentang the Formics, ras alien yang menyerang bumi tahun 2086. Bangsa alien yang dikenal juga sebagai "Buggers" (dalam novelnya) berniat menjadikan bumi sebagai rumah baru mereka. Manusia yang tergabung dalam gerakan International Fleet bertindak hati-hati dan memutuskan membuat benteng pertahanan. Sebuah komisi dibentuk untuk melatih anak-anak terbaik sebagai calon pemimpin International Fleet dan nantinya memakai sepatu warisan Mazer Rackham. Mazer adalah pahlawan bumi dalam melawan segala invasi alien. Ender Wiggin (Asa Butterfield) terpilih sebagai salah satu anak terbaik dan direkrut saat ia sedang di sekolah. Ender direkrut International Fleet untuk diikutsertakan dalam turnamen Battle School, yang berlokasi di orbit bumi. Kemajuan Ender sangat signifikan dalam berbagai simulasi peperangan. Hasilnya, Ender dipilih Colonel Graff (Harrison Ford) sebagai calon penerus Mazer Rackham. Ender un berangkat ke Command School, untuk dilatih secara langsung oleh Mazer Rackham (Ben Kingsley) . Pelatihan belum usai, namun Ender harus segera bersiap saat tantangan yang sebenarnya datang : invasi para alien.





Harisson Ford tampil cukup mumpuni sebagai mentor Ender. Begitu pula Ben Kingsley yang menawan. Dan pujian tentu saja untuk sang pemeran utama Asa Butterfield, yang begitu pas memerankan Ender Wiggin. Bagi Anda yang sudah membaca bukunya tentu memahami bahwa pemilihan casting sangat penting untuk mendapatkan jiwa dari buku aslinya. Selebihnya adalah pameran gambar yang menarik oleh Gavin Hood dan kru yang membuat penonton cukup puas.

Cast:

Asa Butterfield as Andrew "Ender" Wiggin
Harrison Ford as Colonel Graff
Hailee Steinfeld as Petra Arkanian
Abigail Breslin as Valentine Wiggin
Ben Kingsley as Mazer Rackham
Viola Davis as Major Gwen Anderso
Aramis Knight as Bean
Suraj Parthasarathy as Alai
Moisés Arias as Bonzo
Khylin Rhambo as Dink
Jimmy Pinchak as Peter Wiggin
Nonso Anozie as Sergeant Dap
Orson Scott Card as Pilot (voice cameo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar